Sabtu, 08 Desember 2012

BMW i8 hybrid (BMW)

Anda tentu masih ingat dengan mobil sport canggih yang dipergunakan dalam film 'Mission Impossible 4 - Ghost Protocol' dan tak hanya dalam film, mobil garapan BMW ini juga dihadirkan pada ajang pameran terbesar Geneva Motor Show bulan Maret lalu.
Memang mobil ini masih hadir dalam versi konsep, tapi pihak BMW baru saja memutuskan akan memproduksi varian sedan sport coupe canggih i8. Pimpinan bagian Sales and Marketing BMW, Ian Robertson, mengabarkan bahwa BMW i8 plug-in hybrid ini akan dibanderol lebih dari 100 ribu Euro atau sekitar lebih dari Rp 1.1 miliaran.
"Ini adalah mobil super sport dan pasti akan memiliki harga tinggi. Keputusan final tentang harga memang belum diputuskan, namun yang pasti ada di kisaran 100 ribu Euro ke atas," jelas Ian Robertson, seperti yang dilansir inautonews, Kamis (14/06).
Mengingat kembali, sportcar dengan desain futuristik ini pertama kali diperkenalkan dalam bentuk konsep pada ajang Frankfurt Motor Show 2011. Bavarian Motor Works memang telah berjanji akan meluncurkan BMW i8 dengan menggunakan mesin bensin yang digabung dengan motor listrik.
Pihak BMW juga telah mengumumkan dalam minggu ini akan membuat mesin baru dengan konfigurasi 3 silinder untuk BMW i8. Dikabarkan juga kalau sedan sport ini akan dirakit secara eksklusif di pabrik Hams Hall, Birmingham, Inggris. Dan pada pabrik ini akan menjadi pusat BMW dalam memproduksi mesin 3 silindernya.
"Mesin bensin 3 silinder ini akan dipergunakan pada mobil sport BMW i8 plug-in hybrid dan akan menjadi standar untuk dynamic performance dalam sebuah kombinasi mesin untuk menghasilkan mesin yang lebih irit bahan bakar," tambahnya.
BMW i8 akan mampu menghasilkan total tenaga sebesar 393hp, dimana motor listrik menyumbang tenaga 170 hp ini ditempatkan di sistem penggerak roda depan. Sedangkan sisa tenaga akan disalurkan ke penggerak roda belakang melalui mesin bensin kapasitas 1.5 liter turbocharged tiga silinder dengan total torsi yang dihasilkan mencapai 550 Nm.
Dengan performa mesin ini, BMW i8 dapat melesat dari 0-100km/h dapat dicapai di bawah 5 detik. Sedangkan untuk konsumsi bahan bakar kombinasi teknologi mesin hybrid ini dapat mencapai angka 3 liter/100km. (kpl/vin)
sumber: http://www.merdeka.com/otomotif/bmw-ungkap-harga-mobil-sport-hybrid-i8.html